Jumat, 25 Desember 2009

Mengenai Thariqat Naqsybandi



Maulana Syaikh Muhammad Nazhim Adil al-Haqqani

Raja diraja! Kita begitu kecil. Berbahagialah karena kalian bukan seekor keledai! Wanita, berbahagialah karena kalian bukannya monyet! Jerman, berbahagialah karena kalian bukan unta! Puji syukur kepada Allah, Dia telah menganugerahkan kemuliaan tertinggi dengan menjadikan kita sebagai manusia.

"Fondasi dari thariqat kita adalah asosiasi!", itulah kata-kata yang biasa diucapkan oleh Syah Naqsyband, pilar utama dari Thariqat Naqsybandi yang mulia. Mengapa thariqat kita paling mulia? Karena metodenya sangat istimewa. Untuk apa metode-metode tersebut? Metode tersebut mempersiapkan kita untuk berada di Hadirat Ilahi, hari di mana setiap orang akan berada di Hadirat Ilahi. Setiap kali ada sebuah upacara di Istana Ratu, apapun acaranya, dia telah mengundang orang-orang yang terkenal dan penting, dan mereka akan diminta untuk mengenakan busana tertentu. Maka mereka akan datang dengan medali dan seragam mereka. Ratu yang mulia juga akan mengenakan busana kebesarannya. Selama parade ini berlangsung, setiap orang memperlihatkan apa yang mereka miliki.

Dengan cara yang sama, setiap orang akan dipanggil dan diundang di Hari Kemudian untuk berkumpul di Hadirat Ilahi. Seperti halnya orang-orang yang telah diundang untuk menemui Ratu yang mulia mengambil busana terbaik mereka, setiap orang akan datang dengan busana kebesaran mereka di Hari Kemudian. Hari itu akan menjadi parade pertunjukan dan setiap orang akan membawa apa yang mereka miliki. Busana termegah akan dikenakan oleh Sayyidina Muhammad. Beliau akan berada di sana bercahaya seperti matahari di langit. Tak seorang pun yang akan bertanya di mana matahari berada. Pada Hari Kebangkitan setiap orang akan mengetahui siapa hamba Allah yang paling terpuji. Semua Nabi akan datang dengan seragam istimewa yang terbuat dari cahaya. Setiap orang akan berada di sana dengan seragam istimewa, jika mereka memilikinya.

Thariqat yang paling mulia adalah Thariqat Naqsybandi dan busana paling indah telah dipersiapkan bagi para pengikutnya. Ada beberapa toko di mana kalian dapat menemukan pakaian, tetapi ada juga pakaian yang dijual di Harrods atau penjahit istimewa yang dapat membuat pakaian tepat seperti yang kalian inginkan. Paling mulia artinya dia membuat pakaian terbaik untuk hamba-hamba di Hari Kebangkitan nanti. Thariqat ini bukan untuk dunia ini, dia mempersiapkan kalian untuk Allah. Kita tidak berusaha untuk menyia-nyiakan hidup manusia untuk material termurah. Thariqat Naqsybandi ingin menghabiskan semua kekuasaannya demi hari itu, sehingga kita dapat mendatanginya dengan pakaian yang istimewa. Saking indah, anggun, dan sensasionalnya yang lain tidak akan sanggup berpaling darinya. Dia akan sangat sempurna baik di luar maupun di dalam hati.

Kita memohon kepada Allah agar tidak membuat kita terlihat buruk pada hari itu. Sangat tidak menguntungkan bila terlihat buruk pada hari itu. Buruk berarti Allah tidak akan menoleh pada mereka. Jika Allah melihat mereka, mereka akan terlihat dengan raut wajah yang indah. Ketika Pandangan Allah menghidupkan mereka, mereka akan terlihat begitu manis. Tak terbayangkan! Mereka akan berada di Surga mereka dalam waktu sekejap tanpa suatu rintangan. Tak satu pun dapat menyakiti mereka. Mereka tidak lagi mempunyai penderitaan. Itulah target utama dari Thariqat Naqsybandi. Dia ingin menjadikan kalian seorang hamba yang paling mulia di Hadirat Ilahi. Cobalah dan minta kepada Tuhan kalian untuk menganugerahkannya kepada kalian. Jika kalian minta, Dia akan memberikannya. Kalian tidak akan kehilangan Iman kalian, atau amal baik kalian, atau niat baik kalian.

Niat untuk melakukan perbuatan baik akan berkembang seperti tumbuhan yang tumbuh, berkembang dan menghasilkan buah. Tak ada orang yang pernah merasakan sesuatu yang lebih manis daripada buah-buahan yang tumbuh melalui niat kalian. Tumbuhan dari niat baik itu adalah tumbuhan yang sangat istimewa. Setiap orang akan menghadap Hadirat Ilahi dengan level yang sesuai dengan tumbuhan niat mereka. Setiap orang akan menemukan buah dari tumbuhan niatnya. Dia akan menghasilkan lebih, lebih dan lebih lagi. Berusahalah untuk menanam tanaman niat baik. Jangan menanam tanaman niat buruk. Itu akan membuat kalian menjadi buruk. Tak seorang pun yang akan menoleh pada kalian. Berusahalah untuk membuat diri kalian menarik pada jalan di mana Allah akan akan menyandangkan kalian dengan Cahaya Ilahiah dan kalian akan sanggup melihat-Nya, melihat Tuhan Yang Maha Kuasa. Jika Dia tidak menganugerahkan kalian dengan Cahaya Ilahiah, kalian tidak akan bisa berada di Hadirat-Nya. Ketika kalian berada di Hadirat Ilahi, kalian akan sanggup melihat Cahaya Ilahiah-Nya, melihat Wajah-Nya yang Abadi. Itu adalah target terbesar, target utama kita: Tuhan kita.

Dari masa azali sampai masa abadi target tertinggi kita adalah Engkau, wahai Tuhan kami, tak ada yang lain! Tak satu pun yang dapat disebutkan bersama Dia. Bagaimana mungkin seseorang dapat membuat target lain selain Dia? Segala sesuatu kecuali Wajah Ilahi-Nya akan sirna dan lenyap. Bagaimana mungkin kalian mengharapakan sesuatu yang akan musnah? Barang siapa yang menjadikan Wajah Ilahi dari Allah sebagai target utamanya, dia akan memenangkan segalanya. Jika seseorang meninggalkan target itu untuk sesuatu yang lain, dia tidak akan menemukan apa-apa pada akhirnya. Dia akan melihat dan menemukan bahwa dia telah menyia-nyiakan hidupnya dengan hal-hal yang tidak berarti. Sebagian besar orang menghabiskan hidupnya mengejar sesuatu di mana pada akhirnya dia menjadi tidak berharga. Itulah kenyataannya. Jutaan orang meninggal dunia setiap hari. Mereka menoleh untuk melihat apa yang pernah mereka kejar selama hidupnya, tetapi mereka tidak dapat melihatnya. Mereka berada dalam kotak yang sempit dan mereka berteriak, "Di mana targetku?"
Apa yang kita kejar? Tak ada! Jangan sampai kalian tergolong orang yang lalai, yang tidak akan mengerti sampai ajal menemui mereka. Sebelum kalian meninggal, kalian harus mengerti, apa yang menjadi realitas dan kebenaran, sehingga kalian dapat meraih target kalian. Lain daripada itu kalian akan seperti sampah yang akan dilempar ke luar dari kota oleh dewan kota. Begitulah sejarah kita.

Ini adalah kata-kata yang sederhana di mana mereka membuat saya mengatakannnya. Jika Saya diminta untuk berbicara dalam bahasa Inggris yang tinggi, atau Jerman, atau Perancis, Saya dapat berbicara seperti seorang Perancis, Jerman, Skotlandia, Irlandia, Pakistan atau Arab. Sangat mudah untuk berbicara dengan bahasa berlevel tinggi dengan hikmah yang tinggi. Tetapi apa untungnya? Ini bukan pertunjukkan. Saya tidak akan melakukan pertunjukkan seperti orang lain yang membuat pertunjukkan dengan pengetahuan mereka. Itu tidak perlu. Kami ingin memberi orang-orang suatu manfaat dan kalian semua seperti anak-anak di taman kanak-kanak di hadapan orang-orang suci. Oleh sebab itu kami berbicara seperti ini, bahkan jika ada orang yang berusia 70 atau 90 tahun di sini, kita semua adalah murid-murid TK. Tak lebih! Jangan lihat pada janggut kalian yang tumbuh memanjang… adalah lebih baik untuk menjadi anak TK, karena tak pernah ada ujian dan tak seorang pun akan kehilangan, setiap orang menjadi pemenang. Di sekolah dasar, SMP, SMA, akademi, universitas… setiap orang harus melewati ujian. Para orang tua terus-menerus datang kepada saya untuk berdoa bagi anak-anak mereka agar lulus ujian, tetapi tak seorang pun yang datang untuk minta doa agar lulus dari ujian TK! Jadi bergembiralah untuk tinggal di TK, selamanya! Tak ada ujian!

Wa min Allah at taufiq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar