Jumat, 25 Desember 2009

Short Sohbets



Qutb of Time, our beloved
Mawlana Syaikh Nazim Adil al-Haqqani
may Allah raises his spiritual ranks always


Dokter Asli

Siapakah dokter yang asli itu ? dia adalah seseorang yang menyelamatkan orang-orang dari sifat-sifat buruk, dan menggantinya dengan sifat-sifat yang baik. Penyembuh yang biasa menyelamatkan orang-orang dari kematian sementara, namun sebuah karakter yang buruk mengakibatkan kematian abadi. Jika manusia tidak tertarik akan kehidupan abadi, maka kesulitan akan menghujani mereka. Dan karena besarnya ketertarikan mereka akan kehidupan yang abadi, kesulitanpun akan sirna.

Adalah penting bagi seorang dokter mendapat ilham sebelum mengadakan diagnosa. Jika dokter itu mempunyai hati yang jernih, dia akan mudah memahami penyakit dan membuat resep obat. Adalah penting bila dia berada di luar kecintaan akan uang, hanya berniat menolong dan mengurangi kesakitan. Maka Allah akan membuka penutup dari hatinya dan membuat dia sukses. Dengan menolong manusia, Allah akan menolong kalian. Yang paling disukai Allah adalah seseorang yang menolong yang lain.

Kehormatan bagi semua orang. Kita harus niatkan agar menolong orang lain setiap harinya, bukan menolong diri sendiri, maka Allah-pun akan menolong kita. Dan pertolongan-Nya adalah cukup bagi kita. Jika setiap orang dibumi ini bersama-sama menolong kalian, tanpa seijin Allah maka pertolongan itu akan sia-sia. Allah memberi kita kenikmatan, keamanan dan kepuasan. Kalian tidak mampu membeli itu semua. Ini hanya bagi hamba-hamba yang ikhlas. Mintalah kekuatan dari Samudra Kekuatan Allah sehingga kalian mampu menolong hamba-hamba-Nya.



"Jadikan Ibadah Kita Menyenangkan"

Jika seorang manusia akan melakukan sesuatu misalnya ibadah atau perbuatan lain, maka hal itu harus dilakukan dengan suka rela dan menyenangkan. Jika tidak menyenangkan dalam mengerjakannya, seharusnya dia tidak melakukan, karena hasilnya tidak akan bagus. Jika tidak menyenangkan bagi kalian, maka tidak menyenangkan pula bagi Allah. Misalkan dalam beribadah, penting untuk disadari bahwa ini menyangkut kenikmatan ruh kita. Saat beribadah, nafsu kita tidak menyukainya namun ruh kita sebaliknya. Kita harus mencari apa yang membuat ruh kita menyukainya.

Segala tindakan mungkin mudah atau susah. Apa rahasianya ? Jika seseorang menganggap suatu kegiatan itu mudah, berarti pekerjaan itu memberi dia kenikmatan. Dan mereka yang menganggap suatu pekerjaan itu sulit, itu karena dia dipaksa untuk melakukannya. Pekerjaan yang mudah membuat orang senang, pekerjaan susah membuat orang tidak senang.



Kafir Tersembunyi

Jika seorang manusia tidak waspada akan Mata Allah yang selalu mengawasinya dimanapun - di setiap waktu , maka dia bukanlah seorang mukmin. Kalian harus membayangkan dalam hati, bahwa Mata Allah selalu bersama kalian. Jika kalian melupakan “Mata Tuhan” maka kalian sedang dalam genggaman ego.

Jika seorang manusia melakukan perbuatan yang tidak disenangi Allah, Nabi dan Awliya, maka dia di golongkan sebagai seorang “kafir tersembunyi”. Kita diperintahkan untuk membersihkan diri kita baik berupa kufr yang nampak dan yang tidak tampak. Untuk itu kalian harus waspada akan perbuatan yang terlihat mata dan juga perbuatan yang tersembunyi. Perhatikan setiap tingkah laku dan yang akan kalian kerjakan, sehingga semuanya membuat Allah, Nabi dan Awliya bahagia. Jika perbuatan itu membuat “Mereka “ bahagia, maka boleh kalian kerjakan, jika tidak, kalian harus meninggalkannya.

Jika seorang manusia menimbang segala perbuatannya didunia ini, maka tidak akan ada yang perlu ditimbang lagi saat Hari Pengadilan nanti. Nabi bersabda : “ Adalah lebih membahagiakan bagi Allah jika seseorang duduk sejam untuk berpikir dan menimbang segala perbuatannya daripada dia beribadah selama 70 tahun.” Mengapa ? karena kalian bisa menghapus 70 tahun ibadah dengan sebuah perbuatan yang Allah tidak meridhainya; namun jika kalian menimbangnya dulu dengan merenungkannya, maka kalian mampu meninggalkan perbuatan itu dan menghindari petakanya.



‘SALATAN TUNJINA’

Doa untuk menyembuhkan dan untuk mengundang segala macam kebaikan

Inilah doa yang amat penting untuk meminta segala macam kebaikan dan keluar dari segala masalah. Agar dibaca 40 kali sehari :

“Allahumma salli ‘ala Sayidina Muhammadin (wa ‘ala ali Sayiduna Muhammadin) salatan tunjina biha min jami’i’l ahwaali wa’l afaat, wa taqdi lana biha min jami’i’l haajaat, wa tutah-hiruna biha min jami’i- s- saiyaat, wa tarfa’una biha ’ala darrajaat, wa tuballighuna biha aqsa’l ghayaati min jami’i’l khayraati fi’l hayaati wa ba’ada’l mamaat.”

“Hasbi Allahu wa ni’amal Wakil (3x) , ni’amal Maula wa ni’amal Nasir, Ghufranaka, Rabbana, wa Ilayka’l masir.”

Ya Tuhanku, limpahkan berkatMu pada Nabi kami, Muhammad (dan seluruh keluarga beliau), berkahi agar kami selamat dari kondisi buruk dan ketidak beruntungan.

Dan dengannya semoga kebutuhan kami terpenuhi, dan mampu membersihkan dosa kami, meningkatkan derajat dan mampu mencapai segala kebaikan dalam dunia dan akhirat nanti.

Allah adalah cukup bagiku dan terbaik dalam mengatur segala urusan-urusanku (3x)

Dia-lah Tuhan terbaik yang aku miliki, dan Yang Terbaik dalam menasihatiku, aku meminta ampunanmu, wahai Tuhanku dan pada HadiratMu lah kami kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar